Gratis Benahi Laptop Mati Total

Diposting pada

Laptop mati total tidak selalu berat lho penyebabnya. Kalau sudah matot gitu, jangan langsung mbayangin “wah parah iki”, tidak selalu begitu. Ada kalanya penyebabnya sepele yang tidak harus ngeluarin duit banyak untuk memperbaikinya, bisa-bisa malah gratis.

Gratis Benahi Laptop Mati TotalPada kondisi tertentu memang membutuhkan skill khusus untuk memperbaiki laptop mati total. Bisa karena kerusakan kapasitor, mosfet atau chipset IO tidak bisa bekerja optimal, atau bahkan karena IC BIOS bermasalah. Hampir semuanya membutuhkan analisa yang kuat serta peralatan yang agak mahal.

Ternyata ada kondisi lain, dimana mati total bukan disebabkan karena adanya kerusakan fisik pada komponen tertentu. Kita sudah buktikan berkali-kali, banyak sekali laptop yang mati total disebabkan karena power locked, atau kita biasa katakan mrotek, atau nge-lock. Entah apalah nama yang seharusnya benar, namun kondisi ini menunjukkan adanya system yang menyetop perjalanan power sehingga tidak bisa di distribusikan ke seluruh jalur yang ada di motherboard sehingga laptop tidak bisa dinyalakan.

Baca juga :   IC Charger Laptop Acer E1

Bagaimana solusi gratisnya ?

Solusinya sangat simple, yaitu dengan melepas baterai CMOS yang ada di bagian motherboard. Pada laptop tertentu kita perlu bungkar total memang, namun pada laptop jenis lain ternyata kita hanya perlu membuka kesing bagian belakang saja, untuk mengakses baterai cmos tersebut. Lepas dan diamkan beberapa menit kemudian coba nyalakan laptop.

Baca juga :   Aspire 4520 Tidak Bisa Dinyalakan

Penyebab nge-lock ini bisa bermacam-macam diantaranya kehabisan baterai, atau laptop yang baterainya sudha rusak, pake charger saja, tiba-tiba listrik mati, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *