3V Dan 5V Tidak Keluar, Controllernya ?

Diposting pada

Tegangan 3v dan 5v yang sudah sangat dikenal oleh teknisi laptop adalah tegangan utama yang di gunakan oleh komponen-komponen controller untuk menyalakan laptop, sehingga tegangan tersebut secara umum muncul bersamaan dengan tegangan utama 19V ( tegangan umum ).

3V Dan 5V Tidak Keluar, Controllernya ?Apa yang terjadi jika tegangan 3v dan 5v tersebut tidak keluar ? Nah berbagai persepsi muncul dari benak kita. Kita tahu bahwa disana terdapat sebuah ic controller stepdown yang mengendalikan 4 buah mosfet atau2 buah mosfet pada motherboard tertentu ( yang sebetulnya juga berisi 4 ), sehingga jika mosfet aman maka yang rusak adalah ic controllernya. Apakah persepsi ini benar ?

Jawabannya adalah sangat relatif. Bisa saja benar namun bisa saja salah. Karena kita tahu bahwa semua komponen di motherboard itu integrated, terhubung dan kinerjanya selalu berhubungan dengan yang lain.

Baca juga :   Kanibal Laptop 4739 dan 4738, Bisa Kok...

Sebagai contoh, jika jalur 3V over current, maka kedua tegangan legenda tersebut tidak bisa muncul. Penyebabnya bukan karena IC controller yang rusak namun masalah ada di jalur output tegangan 3V, disana terdapat banyak sekali komponen. Bisa mosfet yang rusak, kapasitor atau bahkan chipset.

Demikian juga dengan tegangan 5V. Jika ada masalah pada jalurnya tentu menyebabkan controller akan memutus arus sehingga tegangan tidak bisa keluar.

Baca juga :   IC Kontrol VCore Pada Laptop

Bagaimana jika chipset IO bermasalah ? Ini juga bisa menyebabkan tegangan tersebut tidak bisa keluar. Jadi intinya adalah penyebabnya tidak selalu IC controllernya yang rusak, ini memerlukan proses analisa yang lebih rumit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *