Komputer Mati Sendiri Setelah Beberapa Saat

Diposting pada

Komputer yang tiba-tiba mati setelah dinyalakan beberapa saat, kurang lebih 30 menit, berdasarkan pangalaman ini disebabkan karena adanya over heat pada prosesor. Penyebab lain biasanya overheat pada chipset.

Komputer Mati Sendiri Setelah Beberapa SaatCara menganalisa kerusakan seperti ini adalah sebagai berikut :
1. Matikan computer jika sudah menyala
2. Buka kesing computer agar kita bisa melihat bagian dalam computer terutama kipas prosesor.
3. Lepas kabel ke hardisk, sebagai langkah keamanan.
4. Dalam kondisi kesing terbuka coba nyalakan computer dan perhatikan kipas prosesor, berputar atau tidak.
5. Jika kipas prosesor berputar normal, maka biarkan computer menyala dan sentuh chipset VGA dan chipset southbridge apakah panas sekali atau normal saja.
6. Jika kipas prosesor tidak berputar maka ada kemungkinan kipas rusak. Lepas pendingin prosesor dan pastikan kondisi kipasnya benar-benar rusak atau tidak, karena bisa saja penyebabnya adanya masalah pada motherboard yang tidak bisa menyalakan kipas prosesor.
7. Jika kipas memang mati maka ganti dengan yang normal, sekalian bersihkan sirip-siripnya dan ganti pastanya.

Demikian beberapa langkah untuk menganalisa kerusakan pada sebuah computer yang mati sendiri setelah dinyalakan beberapa saat. Kerusakan bisa saja disebabkan karena masalah lain selain yang sudha kita bahas diatas, namun ini adalah penyebab yang sering terjadi di lapangan. Komputer yang mati sendiri setelah beberapa saat juga bisa disebabkan karena masalah memory RAM yang tida bekerja dengan optimal. Atau bisa juga disebabkan karena adanya masalah pada power supply.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *