Ganti IC EQ= Dengan Ini

Posted on

IC Richtek dengan kode EQ=EE atau EQ= … yang digunakan sebagai controller stepdown tegangan 19V ke 3V dan 5V pada beberapa motherboard laptop bisa diganti dengan IC dengn seri lain yang system kerjanya sama, jumlah dan posisi kaki-kakinya sama, demikian juga rating value tegangan dan amperenya sama.

Ganti IC EQ= Dengan IniDiantara IC lain yang bisa dijadikan pengganti IC richtek jenis ini adalah IC TPS51123. Bentuknya sama persis sehingga tinggal pasang saja pada motherboard.

Sebagaimana kita telah menerapkan pada motherboard ZE7 punya Acer Aspire One yang kasusnya tegangan 3V dan 5V hilang. Setelah kita ganti IC EQ=EE bawaannya dengan IC TPS51123 maka tegangan tersebut muncul kembali dan motherboard kembali bekerja dengan normal.

Perlu kamu ketahui bahwa hilangnya tegangan 3V dan 5V tidak selalu disebabkan karena kerusakan IC controllernya. Kondisi mosfet dan resistansinya ke beban juga harus dicek sebelum melakukan penggantian. Jika resistansi normal, mosfet normal, signal dari chipset IO juga normal, maka penggantian bisa langsung dilakukan.

Resistansi pada beban 3V dan atau 5V yang terlalu kecil bisa menyebabkan over current, atau arus lebih. IC akan panas jika keadaannya demikian. Harus ditelusuri terlebih dahulu penyebab resistansi yang terlalu kecil tersebut.

4 thoughts on “Ganti IC EQ= Dengan Ini

  1. Assalamu’alaikum
    mas saya ada kasus 5v dan 3v tidak keluar
    ic powernya panas
    coba saya ganti ic sama saja
    coba saya buzzer di PL 5v dan 3v normal

    di atas di jelaskan tentang resistansi 5v dan 3v
    itu yg di cek bagian komponen mana mas
    minta bantuannya mas. Terimakasih sebelumnya 🙂

  2. Mas saya punya termasuk baru di dunia teknisi. Saya punya kendala laptop HP CQ40 JAL50 LA-4101P. Kendalanya tidak bisa ngecharge stelah terjadi konslet adaptor. Kondisi lampu indikator ngeblinking aja warna putih. Tidak ada indikasi komponen panas, pakai ic charger BQ24740 tapi di jalur IADAPT tegangan cuman 0.5V sdangkan di jalur HIDRV dan LODRV (kaki no 4 di mosfet N Channel) tidak ada tegangan. Kira2 permasalahnnya apanya mas?. Sebelumnya terimakasih banyak atas ilmu2 yang diberikan lewat blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *