Ganti Mosfet Laptop, Tidak Harus sama

Posted on

Penggantian beberapa jenis komponen tertentu pada motherboard laptop tidak harus sama persis nomer serinya. Termasuk salah satunya adalah penggantian mosfet.

Ganti Mosfet Laptop, Tidak Harus samaPenggantian mosfet memang tidak harus sama, yang penting jenisnya sama, misalnya sama-sama NPN atau PNP dan rating tegangan dan ampere-nya tidak jauh berbeda.

Disini kita akan share patokan penggantian mosfet dengan mosfet lain yang biasa diambil dari motherboard laptop lain. Patokan yang mudah untuk diikuti, khususnya bagi teknisi laptop baru atau newbie.

  1. Harus bisa membedakan komponen mosfet dengan yang lain
  2. Untuk memastikan perhatikan ciri-cirinya, berkaki 8, 4 kaki di sebelah kiri terhubunga menjadi satu dan 3 kaki di sebelah kanan juga terhubung menjadi satu, atau sebaliknya. dan sisa satu kakinya berdiri sendiri
  3. Ketahui PNP atau NPN. Jika kurang faham, gunakan multitester untuk mengetahui kaki-kakinya. Perhatikan tanda titik di bagian pojok mosfet. Kemudian Letakkan probe merah ke kaki sisi kiri dan probe hitam ke kaki sebelah kanan, selain kaki yang paling pinggir. Jika jarum multi tester bergerak, maka seharusnya jika probe merah dan hitam dibalik posisinya maka jarum tidak akan bergerak. Hafalkan posisi ini, karena ini kita jadikan patokan untuk mendapatkan mosfet pengganti.
  4. Setelah mengetahui hasil check pada langkah diatas, Cari mosfet dengna ciri fisik sama dengan yang akan kita ganti. Kemudian check menggunakan multitester sebagaimana pada langkah 3 dan cari yang sama.
  5. Pastikan ukuran fisiknya sama, atau hampir sama. Karena ada mosfet yang kecil dan ada juga yang besar ukuran fisiknya.
Baca juga :   Tentang IC Power Laptop

Dengan menggunakan langkah diatas, berdasarkan pengalaman kami jarang sekali menemukan kendala. Langkah diatas tidak diperlukan jika kita telah mengetahui detail tentang mosfet, persamaannya dan jenis-jenis serta karakteristiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *