Kamera Digital Gagal Ces

Posted on

Bagaimana jika tiba-tiba kamera digital kamu gagal di ces, tidak bisa charging dan tidak bisa dinyalakan ? Ikuti langkah berikut untuk memperbaiki keadaan ini.

  1. Lepas baterai dan periksa apakah ada kerak pada konektor di bagian baterai. Jika berkerak bersihkan dengan alat yang keras seperti cutter, pinset dan lain-lain sampai kerak hilang dan konektor mengkilap.
  2. Jika sudah yakin tidak ada kerak pada baterai dan kamera tetap tidak bisa di ces maka cek baterai menggunakan multitester apakah masih ada tegangan pada baterai. Jika tegangan sangat minim maka lakukan pengisian menggunakan charger eksternal. Atau suntik menggunakan power supply.
  3. Setelah baterai terisi lakukan pengetesan.

Jika kamera tetap tidak bisa dinyalakan, maka ini menandakan ada masalah pada bagian dalam kamera, termasuk masalah pada mainboard. Jika tidak yakin untuk melakukan pengecekan sendiri lebih baik bawa ke teknisi terpercaya.

Jika memungkinkan, bungkar kamera dan lepas baterai cmos jika ada, kemudian diamkan beberapa waktu. Jika cara ini belum membuahkan hasil maka ini menandakan adanya masalah serius pada mainboard kamera dan membutuhkan analisa lebih lanjut..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *