Laptop Lampu Nyala Sebentar, 1.8V Hilang

Posted on

Ini adalah sebuah kisah tentang penanganan motherboard laptop toshiba yang mana kerusakannya adalah tidak bisa dinyalakan. Lampu indikator ces nyala namun ketika tombol power di tekan maka lampu power menyala sebantar kemudian mati lagi, sekitar satu detik. Tidak ada aktifitas apapun selain lampu tersebut. Kipas juga tidak bergerak.

Laptop Lampu Nyala Sebentar, 1.8V HilangProses analisa dilakukan dengan melakukan pengecekan terhadap seluruh level tegangan, mulai dari 19V, 5V, 3V, 1.05V, 1.5V, 1.8V dan seterusnya. Akhirnya kita temukan bahwa tegangan 1.8V yang muncul setelah tombol power ditekan kecil sekali, tidak ada 1V.

Kita check jalur 1.8V tidak short ke ground, maka kita langsung melakukan penggantian IC yang memproduksi tegangan tersebut. Maka setelah diganti tegangan 1.8V langsung keluar dan laptop bisa dinyalakan.

Jadi untuk penelusuran sebuah motherboard laptop yang tidak bisa dinyalakan atau bagaimanapun kondisinya selama tidak ada tanda-tanda kerusakan secara visual maka kita perlu check tegangan di semua level satu persatu dimulai dari tegangan 19V sebagai sumber utama.

Dengan menggunakan skema daripada motherboard yang sedang dikerjakan, langkah-langkah tersebut bisa lebih mudah dilakukan.

Melayani perbaikan lampu proyektor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *