Laptop Restart Terus, Masuk Save Mode Normal

Posted on

Laptop hanya bisa masuk windows jika save mode. Untuk kondisi normal tidak bisa masuk windows, langsung mati atau restart lagi pada saat akan masuk windows. Apa penyebab masalah ini ?

Laptop Restart Terus, Masuk Save Mode NormalUntuk mengetahui sumber permasalahannya kita harus tahu terlebih dahulu bagian daripada motherboard laptop yang bekerja hanya jika laptop get into the Windows, jika laptop masuk ke Windows. Salah satu bagian yang paling menentukan adalah VGA chipset. VGA akan bekerja dengan maksimal pada saat laptop masuk ke Windows, sehingga ini membutuhkan energi maksimal juga. Jika ada masalah pada chipsetnya sendiri atau sumber energinya tidak stabil maka laptop tidak akan bisa masuk windows, bisa restart lagi atau mati.

Maka, ada 2 poin penting untuk menganalisa masalah sepert tersebut diatas, Chipset VGA itu sendiri dan sumber energi VGA.

Maka langkah yang bisa kita lakukan adalah melakukan check pada tegangan yang masuk ke VGA, atau biasa menggunakan kode VGfx, stabil atau tidak, sesuai dengan ukuran atau rating yang seharusnya atau tidak. Disana kita bisa melihat bahwa tegangan ini di haluskan oleh beberapa SMD tantalum capacitor, ini juga perlu kita pastikan kondisinya.

Kemudian kita juga perlu check kondisi chipset VGA itu sendiri, kaki-kakinya masih kuat atau tidak, kita bisa coba reflow menggunakan heater blower untuk memastikan solder ball yang ada di bawahnya. Kemudian kita juga check temperaturnya, normal atau overheat.

Jika kondisi belum parah, biasanya langkah pemanasan terhadap chipset VGA akan membuahkan hasil yang baik. Namun langkah ini tidak bisa memberikan pengaruh positif jika masalah ada pada tegangan supply VGA.

Melayani perbaikan lampu proyektor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *