Modifikasi Lampu Proyektor? Bisa

Posted on

Lampu proyektor yang sudah dikenal memiliki batas waktu pemakaian menyebabkan setelah sebuah proyektor digunakan dalam waktu tertentu akan mati, setelah batas pemakaian lampunya habis. Ini tentu menjadi masalah besar bagi pengguna proyektor, karena pasalnya harga penggantian lampu proyektor sangat mahal, ada di kisaran 2,2 juta rupiah lebih. Jika diganti dengan lampu bekas, pengguna akan berfikir panjang karena tidak bisa mengetahui lampu bekas tersebut sudah digunakan selama berapa jam, jangan-jangan baru digunakan 7 hari sudah habis batas pemakaiannya.

Baca juga :   Salah Satu Ciri Proyektor Toshiba Lampunya Rusak

Modifikasi Lampu Proyektor? BisaLalu bagaimana solusi perbaikan yang mahal tersebut ?, Ternyata lampu proyektor itu bisa dimodifikasi. Untuk menghindari harga lampu yang sangat mahal tersebut kita bisa menggantinya dengan LED watt tinggi yang kekuatan cahayanya tidak kalah dengan lampu proyektor yang asli.

Untuk me-modifikasi lampu proyektor ini kita memerlukan beberapa langkah, diantaranya me-nonaktifkan sensor status lampu ( disable lampu ), kemudian mengalihkan jalur power menuju balast ke lampu pengganti dan membuat rangkaian kontroller sederhana untuk lampu LED pengganti.

Baca juga :   Kenapa Printer Modif Sering Bermasalah

Dengan mengganti lampu proyektor dengan lampu LED watt tinggi maka kita hanya membutuhkan biaya kisaran 1/4 saja dibandingkan biaya penggantian lampu asli. Lumayan murah bukan?

Membutuhkan skill khusus untuk melakukan modifikasi ini, jadi jika belum yakin lebih baik mencari proyektor yang rusak untuk dijadikan bahan percobaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *