Motherboard Laptop Hanya Punya 2 Mosfet Jenis Ini

Posted on

Secara umum jumlah mosfet jenis ini pada sebuah motherboard laptop hanya ada 2, jika kita lihat di jalur power utama.

Motherboard Laptop Hanya Punya 2 Mosfet Jenis IniMosfet, sebagaimana kita tahu ada 2 jenis, N-channel dan P-Channel, dengan ciri-ciri masing-masing yang berbeda-beda bisa kita jumpai banyak sekali pada motherboard sebuah laptop. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang 8 kaki, 3 kaki 6 kaki dan lain-lain.

Namun ternyata untuk jenis P-channel hanya ada 2 biji di bagian jalur utama. Satu buah mosfet P-channel ada di main mosfet. Mosfet yang ada di dekat port DC jack ini adalah seperti sebuah saklar besar yang menghubungkan seluruh jalur di motherboard dengan sumber power ( charger ).

Satu lagi, sebuah mosfet P-channel ada di jalur baterai yang juga bekerja seperti sebuah saklar besar yang menghubungkan baterai sebagai sumber power dengan seluruh jalur power di motherboard.

Yang lain adalah mosfet jenis N-channel, sehingga jika ada kerusakan mosfet selain di kedua tempat diatas kita bisa dengan mudah mendapatkannya dari motherboard lain. Namun untuk P-channel hanya ada 2 biji bisa kita dapatkan dari motherboard lain. [bur]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *