Acer Z1402 Matot, Jangan Lakukan Ini !

Posted on

Tangani laptop matot itu gampang-gampang susah. Gampang jika yang rusak hanya sebuah tantalum kapasitor kecil, namun akan agak sulit jika yang rusak tantalum kapasitor super kecil, dan lebih susah lagi jika matot namun tidak short, hahaha…. Silahkan di bayangkan sendiri.

Acer Z1402 Matot, Jangan Lakukan Ini !Kali ini adalah tentang laptop acer one Z1402 yang dikenal dengan laptop super ringan terbaik di kisaran tahun 2016. Laptop yang menggunakan single chips ini jika mati total akan sangat beresiko chips nya jebol, berdasarkan pengalaman. Kenapa demikian ?

Salah satu penyebab Z1402 mati total, dan tegangan dari charger langsung drop jika charger dicolokkan ke laptop, adalah adanya short circuit pada mosfet yang menuju jalur 1.5V yang langsung masuk ke chipset ( single chips ). Kita tahu bahwa stepdown tegangan ini bersumber dari sumber utama 19V, dari 19v di turunkan ke 1.5V, sehingga jika mosfet short maka akan menghubungkan tegangan 19V ke jalur 1.5V, memang charger langsung melakukan proteksi dengan memutus arus, namun setiap kali dimasukkan akan terjadi hentakan tegangan yang sangat tinggi ke chipset, ini akan menyebabkan chipset jebol.

Jadi, jika sedang memperbaiki laptop Z1402 yang mati total, jangan mencoba-coba untuk mengulang-ulang memasukkan charger ke laptop. Lebih baik langsung bungkar laptop dan lepas dahulu induktor L7, sebelum melakukan analisa lebih lanjut. L7 ini adalah induktor menuju jalur 1.5V.

Ini adalah hal yang sangat penting untuk diketahui agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan yang menyebabkan masalah kecil menjadi besar pada motherboard Acer One Z1402.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *