Entrip, Salah satu penyebab 3V dan 5V Tidak keluar

Posted on

Kasus ini sering sekali terjadi pada motherboard laptop dimana tegangan 3V dan 5V tidak bisa muncul padahal sumber tegangan 19V normal dan tidak ada masalah apapun baik pada jalur 19V maupun di relĀ  output 3V dan 5V itu sendiri.

Penyebab masalah tersebut tentu saja bukan hanya satu hal saja, bisa beragam sekali, salah satunya adalah tidak munculnya tegangan pada salah satu kali ic controller 3V dan 5V. Kaki tersebut adalah Entrip 1 dan Entrip 2. Kamu bisa lihat pada skema motherboard, kaki ic controller dengan code Entrip.

Tegangan pada kaki Entrip tersebut di produksi oleh IC, jadi tidak membutuhkan supply dari luar. Untuk nilai normalnya ada di kisaran 2,4V.

Jadi, jika pasameter lain yang diperlukan IC controller telah terpenuhi, dan tidak ada masalah pada jalur output 3V dan 5V, namun tidak ada tegangan pada Entrip maka tegangan 3V dan 5V tidak akan bisa keluar.

Solusinya adalah dengan mengganti IC controller tersebut dengan yang normal.

Buat kamu yang sedang menganalisa sebuah motherboard dengna kasus 3V dan 5V tidak keluar, jangan tergesa-gesa mengganti IC controllernya, perlu cek terlebih dahulu parameter-paremeter yang diperlukan, baru jika sudah yakin ditandai dengan tidak adanya tegangan Entrip maka kamu bisa coba ganti IC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *