Laptop Gampang Panas, Tapi Kipas Normal

Diposting pada

Overheat atau kepanasan yg terjadi pada sebuah laptop tidak selalu disebabkan karena kipas rusak, heatsink kotor, pasta kering atau hal-hal lumrah lainnya yang sering ditemui.

Ternyata ada penyebab lain yg juga sering menyerang laptop. Lebih sulit penanganannya dan membutuhkan kekuatan analisa yang cukup.

Penyebab ini berkaitan dengan motherboard. Terdapat tegangan yang keluar tidak sebagaimana mestinya. Nilainya berubah, sehingga menyebabkan parameter yang lain juga tidak bekerja sebagaimana mestinya. Perubahan nilai tegangan ini, jika nilainya ekstrim tentu bisa menyebabkan laptop tidak nyala, namun jika tidak terlalu besar perubahannya hanya menyebabkan chipset bekerja over sehingga terlalu panas, dan pada kondisi tertentu laptop tidak bisa bertahan lama.

Baca juga :   Blower Terlalu Panas Rusak Motherboard

Analisa bisa di fokuskan ke titik-titik tegangan hasil devider resistor di bagian IC stepdown. Resistor sebagai kunci dari penentuan nilai tegangan, nilainya tidak boleh berubah-ubah karena jika berubah maka tegangan yang dihasilkan juga berubah sesuai dengan prosentase perubahannya.

Pada kasus over heat biasanya resisitor tersebut telah berubah nilainya, melar. Dengan memperhatikan nilainya maka masalah bisa diperbaiki.

4 thoughts on “Laptop Gampang Panas, Tapi Kipas Normal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *