Membersihkan Heatsink Menyebabkan Laptop Rusak ?

Posted on

Ini adalah sebuah langkah yang mudah, dan seharusnya bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa basic teknisi pun, yaitu membersihkan heatsink laptop atau pendingin prosesor laptop. Kita tinggal membuka saja kesingnya dan mengkases heatsink, kemudian membersihkan debu yang menempel pada sirip-sirip heatsink tersebut.

Jangan lupakan ini saat melakukan cleaning maupun deep cleaning pada printerNamun, mengapa kasus membersihkan heatsink menyebabkan laptop jadi rusak sering sekali muncul ? Inilah yang perlu diperhatikan oleh pengguna laptop yang hendak membersihkan laptopnya tanpa memiliki basic teknisi, bahwa hal sekecil apapun pada laptop itu perlu diperhitungkan, dan perlu diperhatikan.

Apa sebetulnya penyebab masalah ini ?

Berdasarkan kasus yang kita tangani, dan pertanyaan dari user terkait masalah membersihkan heatsink dan membersihkan bagian dalam laptop secara umum, satu hal yang sering kurang diperhatikan adalah baut. Kita tahu bahwa pada sebuah laptop, panjang baut yang satu dengan yang lain tidak semuanya sama. Seharusnya tentu saja yang pendek untuk yang lubangnya pendek dna yang panjang untuk yang lubangnya panjang.

Nah, jika baut panjang di masukkan ke lubang yang seharusnya untuk baut pendek, dan bagian ujung lubang jika diteruskan menuju motherboard, maka jika baut menyentuh motherbard tentu akan menimbulkan masalah, apalagi jika ujung bautnya tepat di jalur active, so pasti laptop jadi bermasalah. Inilah yang sering kurang diperhatikan oleh user laptop.

Laptop-laptop tertentu memang baut-bautnya ada yang sama ukuran panjangnya, namun pada laptop-laptop lain tidka demikian, maka ini harus diperhatikan.

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah posisi motherboard dan komponen pendukung lainnya, jika ikut dibungkar harus dikembalikan sesuai dengan posisi semula sehingga tidak menimbulkan masalah atau memunculkan kondisi yang tidak normal yang menyebabkan laptop ngoyo dalam bekerja. Misalnya adalah pendingin, harus benar-benar menempel dengan chips, jika ada isolatornya juga harus kembali dipasang. Heatsink juga tidak boleh di tekuk-tekuk.

Selama kita memperhatikan posisi semula dan mengembalikan semua perangkat yang dibungkar sesuai dengan standartnya maka tidak akan muncul masalah-masalah lain pada saat kita membersihkan area dalam sebuah laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *