Penyebab Laptop Bluescreen Dan Cara Memperbaikinya

Posted on

Bluescreen pada laptop yang menyebabkan booting gagal dan tidak bis amasuk windows disebabkan oleh berbagai macam hal mulai dari penyebab ringan sampai dengan masalah-masalah serius yang terjadi pada motherboard laptop tersebut.

Penyebab Laptop BluescreenAda 4 hal yang sering terjadi pada laptop yang bluescreen dan gagal masuk windows.

  1. Salah Setting BIOS. Ada beberapa parameter yang ada di setingan bios yang jika kita salah dalam pengatuarannya akan menyebabkan laptop bluescreen. Diantaranya adalah setingan SATA, harus sesuai pada saat Windows diinstall, jika dirubah maka laptop gagal booting.
    Pada BIOS versi tertentu juga ada pilihan OS, harus disesuaikan dengan OS yang akan diinstall.
  2. RAM Bermasalah. Jika RAM tidak bekerja dengan optimal maka ini bis amemicu bluescree. Buka kesing penutup RAM dan bersihkan slot beserta kaki-kaki RAM untuk memperbaikinya. Atau Ganti dengan RAM yang kondisinya lebih meyakinkan.
  3. VCore Bermasalah. Ini sudah menyangkut motherboard yang membutuhkan keahlian khusus untuk menanganinya. VCore adalah supply tegangan pada Prosesor yang dilengkapi dengan beberapa buah kapasitor yang memungkinkan untuk diganti, bahkan biasanya disediakan space jika pada saat tertentu nilai kapasitif pada VCore perlu untuk ditambah. Ripple tegangan yang ekstrim bisa menyebabkan VCore gagal mensupply kebutuhan tegangan pada Prosesor, efeknya laptop sering gagal booting dan bluescreen atau kadang restart sendiri.
  4. Dan yang terakhir Adanya ic controller yang tidak bisa bekerja secara optimal. Ini biasanya ic controller VCore juga. Bisa disebabkan karena ic-nya memang lemah atau terdapat resistor dan komponen tertentu yang sudah melar dan berubah nilainya.

Demikian beberapa penyebab bluescreen pada sebuah laptop yang mengakibatkan laptop tersebut gagal masuk Windows dan tentu saja laptop tidak lagi bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *