Jika Sebuah IC Laptop Panas

Posted on

Jika sebuah IC laptop panas maka memunculkan sebuah pertanyaan apakah IC tersebut rusak ? Dan tidak jarang kita sering terbohongi oleh kondisi ini. Apa Sebenarnya yang sedang terjadi pada laptop tersebut.

Jika Sebuah IC Laptop PanasSebagaimana kita tahu bahwa IC pada sebuah laptop terletak pada motherboard yang ada di bagian dalam. Komponen ini terhubung dengan banyak sekali komponen lain yang bekerja sebagai pendukung baik berupa feedback, pemicu, controller, referensi ataupun sebagai beban yang ada di bagian output IC sebagai tujuan keberadaan komponen yang terkenal isinya ruwet ini.

Tentu saja semua setuju bahwa jika ada sebuah IC sedang over temperature atau panas sekali, maka ini menandakan adanya kondisi tidak beres, dan biasanya ini akan menyebabkan masalah pada laptop. Keputusan menganggap ic panas tersebut rusak tidak selalu benar, walaupun pada kondisi tertentu kadang-kadang bisa saja benar.

Namun secara umum, yang lebih benar adalah bahwa jika sebuah ic pada motherboard laptop panas sekali biasanya terdapat masalah pada jalur output IC yang terhubung dengan beban daripada IC tersebut, Sebagaimana kita tahu pada MCB ( Mini Curcuit Breaker ) yang ada pada rumah kita, jika kita menyalakan semua beban listrik di rumah maka MCB akan panas dan lama kelamaan akan trip atau njeglek dan listrikpun mati. Ini gambaran kondisi yang kita maksud.

Masalah pada beban, misalnya ada short circuit, akan menimbulkan arus yang sangat tinggi pada output IC, efeknya IC sangat panas sekali. Jika kondisi ini dibiarkan maka IC pun akan rusak.

Penyebab lain sebuah IC panas adalah adanya komponen yang rusak di bagian kaki IC yang aktif mengeluarkan tegangan ( voltage ), pada umumnya komponen ini adalah sebuah kapasitor kecil jenis SMD, ini sering sekali terjadi pada IC step down ( controller ) 3V dan 5V pada sebuah motherboard laptop.

Intinya adalah kondisi panas pada sebuah IC motherboard laptop tidak selalu disebabkan karena IC tersebut rusak, jadi ini memerlukan analisa lebih teliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *