Penting, Upgrade RAM Laptop Biar Tidak Gagal

Posted on

Upgrade RAM adalah meningkatkan ukuran RAM atau memory pada sebuah komputer atau laptop dengan tujuan agar kecepatan kinerja laptop bisa lebih tinggi.

Penting, Upgrade RAM Laptop Biar Tidak GagalSering sekali terjadi kegagalan pada saat melakukan proses ini karena pengguna laptop kurang memahami dan mengenali syarat-syarat dan aturan terkait dengan upgrading RAM.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita akan melakukan upgrade RAM diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kenali dulu laptop kita. Setiap laptop atau motherboard komputer memiliki spesifikasi yang sering berbeda antara satu dengan yang lain. Kita harus tahu berapa kapasitas maksimal RAM yang diizinkan untuk dipasang pada laptop tersebut.
  2. Cek jenis RAM. Pastikan kita tahu jenis ramnya, DDR2, DDR3 atau DDR3L atau DDR4. Upgrade RAM sesuai dengan jenisnya.
  3. Kenali ukuran PC pada RAM. Jika laptop dilengkapi dengan RAM yang bisa dilepas maka kita bisa memperhatikan spesifikasi yang tertulis pada RAM tersebut untuk mengetahui detailnya termasuk satu hal yang penting adalah PC… seperti pada RAM dibawah ini yang PC nya PC3-10600s
  4. Yang terakhir adalah OS. Operating system yang biasa menggunakan Windows untuk upgrade dengan nilai tertentu harus menggunakan 64 bit, biasanya jika upgrade RAM diatas 4GB ( total ). Windows 32 bit tidak bisa membaca RAM diatas 4GB. Jadi jika upgrade RAM diatasnya harus diganti dengan Windows 64 bit.

Pada kondisi tertentu jika aturan diatas diabaikan maka RAM yang kita pasang tidak bisa terbaca oleh motherboard dan atau oleh system sehingga percuma saja. Untuk memastikan bahwa RAM yag sudah kita pasang bekerja dengan baik maka klik kanan Computer dan klik kiri Properties maka akan muncul spesifikasi laptop atau komputer termasuk RAM, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *