Rahasia Sulitnya Service Laptop Mati Total

Posted on

Service laptop mati total kadang-kadang setelah penyakit ditemukan bisa saja penyebabnya komponen yang kecil dan sepele. Salah satunya adalah karena SMD capacitor yang short. Komponen ini sangat kecil, hanya sekitar 1 CM panjangnya, namun untuk menemukannya, bagi teknisi pemula atau yang minim alat, membutuhkan waktu yang tidak singkat dan bisa membuat pusing kepala. Kenapa demikian ?

Komponen yang satu ini jumlahnya sangat banyak di sebuah motherboard, inilah salah satu penyebab sulitnya komponen kecil ini ditemukan. Disamping itu pada satu jalur bisa banyak sekali komponen SMD capacitor yang dipasang secara paralel, sehingga kadang kala kita harus melepas semua nya baru ditemukan mana yang short. Lihat ilustrasi dibawah ini.

Rahasia Sulitnya Service Laptop Mati Total

Lihat ilustrasi diatas, jika ada satu saja kapasitor yang short, maka jalur + dan – terhubung singkat atau short atau konslet sehingga tegangan tidak bisa masuk ke jalur ini. Nah untuk menemukan yang mana kapasitor yang short tentu semua kapasitor pada jalur tersebut ada kemungkinan short sehingga kita harus melepasnya satu persatu sampai ditemukan kapasitor yang short atau konslet.

Yang perlu diketahui lagi, walaupun terpasang secara paralel namun posisinya di motherboard tidak selalu berdampingan, kadang posisinya berjauhan, ini semakin membuat sulit untuk menemukannya. Mungkin bagi yang peralatannya lengkap ini tidak menjadi masalah namun bagi yang minim alat ini benar-benar membutuhkan kesabaran.

Inilah satu hal yang menyebabkan biaya perbaikan laptop mati total besar, walaupun kerusakannya kadang hanya pada sebuah smd capacitor yang harganya sangat murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *