Solusi Kerusakan Pada Engsel Laptop

Posted on

Kerusakan lain yang sering juga terjadi pada laptop adalah engsel patah. Engsel yang ada di bagian pangkal layar lcd ini memang sering bekerja agak keras ketika kita membuka laptop. Ini memang sengaja di design agak sulit dan keras untuk di buka tutup karena jika tidak demikian maka layar laptop akan menutup dengan sendirinya saat di buka. Atau tidak kokoh pada posisi yang kita inginkan.

Solusi Kerusakan Pada Engsel LaptopSehingga, ketika kita sedang membuka atau menutup layar laptop, engsel memberikan tekanan yang sangat tinggi pada dudukan yang ada di kesing laptop, demikian juga pada dudukan yang ada di kesing layar laptop.

Tekanan inilah yang sering menyebabkan engsel patah, dan atau mor yang menempel di kesing coplok sehingga baut tidak lagi mampu menjepit dudukan engsel, akibatnya kesing rusak saat kita membuka laptop.

Salah satu kasus masalah pada engsel ini adalah patahnya besi yang menempel di bagian frame layar, besi yang seharusnya menyatu dengan engsel. Akibatnya ketika layar terbuka, kita kesulitan untuk menutupnya. dan jika sedang tertutup sulit sekali untuk di buka. Kesing layar akan menganga dan jika dipaksa akan bertambah parah kerusakannya.

Jika bertemu dengan kerusakan seperti ini, lebih baik segera dibungkat kesing layarnya dan lakukan analisa lebih lanjut. Biasanya kerusakan seperti ini harus dilakukan proses penggantian engsel. Kita bisa beli engsel ini dengan harga yang relatif murah, antara 100-200 ribu saja satu set.

Pada laptop tertentu, untuk penggantian engsel seluruh kesing laptop harus di bungkar total, misalnya pada Toshiba L740, L745. Lakukan secara hati-hati dan jangan memaksa melepas bagian manapun jika sulit dilepas, pastikan baut yang menjepitnya telah dilepas terlebih dahulu. Untuk menghindari kerusakan pada engsel laptop, jaga agar kamu selalu membuka dan menutup laptop pelan-pelan dan tidak melakukannya dengan hentakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *