Install Ulang Hardisk Dynamic

Posted on

Ini dia cara install ulang Windows pada Hardisk dengan format Dynamic atau Dynamic Disk. Jika beberapa waktu sebelumnya kita telah membahas tentang cara merubah GPT ke MBR untuk keperluan instal ulang Windows juga, kali ini kita akan membahas tentang Dynamic Disk yang juga tidak bisa diinstall ulang sebelum formatnya kita ubah.

Install Ulang Hardisk DynamicJadi initinya langkah yang akan kita lakukan adalah merubah format Dynamic menjadi Basic. Jika GPT harus dirubah ke MBR, maka Dynamic harus dirubah ke Basic.

Untuk langkah ini membutuhkan peralatan yang prosesnya tidak menyebabkan rusak atau hilangnya data yang ada di dalam Hardisk, ini yang sangat penting karena ini tidak lagi menjadi masalah jika di dalam hardisk tidak ada data penting.

Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk merubah Dynamic disk ke Basic ini adalah aplikasi yang juga kita gunakan untuk merubah GPT to MBR.

Yaitu, Minitool Partition Wizard versi full untuk teknisi. Kita biasa menggunakan yang bootable. Ini cocok untuk yang sudah terlanjur rusak windowsnya.

Download aplikasinya menggunakan link pada posting ini : cara merubah GPT ke MBR

Untuk langkah-langkahnya adalah klik hardisk yang diinginkan, setelah masuk tampilan aplikasi. Kemudian cari pilihan Convert Dynamic to Basic.

Jika langkah ini gagal, maka hapus terlebih dahulu partisi bootable system pada hardisk menggunakan aplikasi ini juga. Setelah itu restart dan coba lagi untuk merubah Dynamic disk to Basic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *