Penyebab Kamera Nikon Mati Total

Posted on

Nikon, atau kamera merk lain apapun jenisnya memiliki resiko rusak mati total. Sebagaimana juga pada perangkat elektronika lainnya. Penyebab paling ringan yang sering terjadi adalah adanya kerusakan pada baterai. Baterai sudah tidak lagi mampu menyimpan muatan sehingga power yang keluar sangat kecil di bawah batas minimal yang dibutuhkan oleh Kamera.Penyebab Kamera Nikon Mati Total

Mati total pada kamera bisa juga disebabkan karena adanya lost connection antara sumber power dengan mainboard khususnya di blok power management sebagai pengatur distribusi sumber tegangan. Lost connection ini bisa saja berupa tidak terhubungnya baterai sebagai sumber power dengan connectornya, atau bisa juga adanya pengaman ( Fuse ) yang terputus akibat kondisi tertentu. Bisa juga karena memang system proteksi melakukan pemutusan sumber power karena adanya kondisi tidak normal pada jalur tertentu di blok tertentu pada mainboard.

Untuk masalah connector baterai, ini termasuk masalah yang ringan saja. Kita hanya perlu untuk melakukan pembersihan pada pin-pin baterai dan atau pada connector  baterai yang terhubung langsung dengan mainboard.

Namun untuk masalah system proteksi, tentu ini memerlukan sebuah proses analisa yang agak rumit karena system ini terhubung dengan berbagai devices input pada seluruh bagian dari Kamera. Ini membutuhkan waktu dan ketelatenan, serta basic ilmu elektronika.

Penyebab lain yang biasa terjadi pada kamera mati total adalah karena adanya korosi pada IC controller. Biasanya korosi terjadi pada bagian kaki-kaki ( pin ) IC. Kamu bisa melihat kaki-kaki IC berwarna putih seperti muncul kerak nya. Korosi ini menyebabkan IC tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Inilah beberapa penyebab sebuah kamera Nikon atau merk lain yang mengalami masalah mati total, dimana tombol power sama sekali tidak memberikan respon saat di tekan untuk dinyalakan walaupun baterai dalam kondisi normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *