IC Charger Asus X453SA, type dan letaknya di motherboard

Posted on

IC charger laptop Asus X453SA terletak di bagian tertentu di motherboard yang hanya bisa diakses dengan membuka kesing laptop ini. IC ini berfungsi sebagai pengatur jalannya proses charging dan mengatur gerbang masuknya sumber tegangan baik dari charger dan atau baterai.

IC Charger Asus X453SA

IC charger dianggap bermasalah jika terjadi hal yang tidak normal pada proses charging padahal baterai dipastikan dalam kondisi baik-baik saja. Kondisi ubnormal ini misalnya prosentase baterai yang tidak kunjung bertambah walaupun charger dimasukkan ke laptop dalam waktu yang sangat lama, atau muncul indikator charging namun jika charger dilepas laptop langsung mati begitu saja. Bisa juga masalah ic charger ini menimbulkan laptop tidak bisa dinyalakan tanpa charger walaupun baterai ada isinya.

IC charger yang tidak bisa bekerja secara normal juga menyebabkan sumber tegangan dari charger tidak bisa masuk ke motherboard karena gerbangnya tidak “terbuka”, ini menyebabkan laptop tidak lagi bisa dinyalakan setelah baterai habis ( empty ).

Untuk mengganti IC charger ini kamu tentu saja harus tahu terlebih dahulu letaknya di bagian mana dan nomer serinya berapa.

IC Charger Asus X453SA

Dengan nomer seri BQ735, IC charger pada laptop Asus ini terletak di dekat port baterai, sebagaimana pada foto diatas. Untuk melakukan penggantian IC ini kamu membutuhkan pemanar blower ( hot air gun ) seperti QUICK 857D SMD rework station serta beberapa peralatan pendukungnya.

Harga IC ini tidak terlalu mahal karena tidak sampai 100.000 rupiah dan tergolong spare part yang mudah didapatkan di berbagai toko spare part laptop di Indonesia.

Dibutuhkan analisa khusus dan lebih lanjut sebelum memutuskan untuk mengganti IC charger ini dengan yang baru, tidak boleh asal ganti karena bisa saja mengakibatkan masalah baru jika ada kesalahan dalam pemasangan. Ini adalah tentang IC charger pada motherboard Asus X453SA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *