Proyektor Ganti Regulator Tetap Mati, Ganti Komponen Ini

Posted on

Proyektor DLP mati total hampir selalu diidentikkan dengan rusaknya IC regulator yang menggunakan jenis TOP… pada berbagai merk termasuk BenQ, Esemka, Polytron dan berbagai merk proyektor DLP yang lain. Sehingga kadang-kadang lupa melakukan pengecekan Fuse atau sekring yang menjadi jembatan utama masuknya sumber daya listrik menuju power supply sebuah proyektor.

Proyektor Ganti Regulator Tetap Mati, Ganti Komponen IniMasalah lain dari perbaikan sebuah pryektor DLP yang mati total adalah tidak berhasil menyalakan proyektor walaupun sudah dilakukan penggantian IC regulator. Ini yang akan kita bahas pada posting kali ini.

Sebelumnya perlu di perhatikan bagi para teknisi bahwa prosedur penanganan yang professional tetap harus dilakukan pada penanganan sebuah proyektor walaupun kadang-kadang kerusakannya sepele. Termasuk pada kasus mati total. Harus dilakukan step by step prosedurnya mulai dari pengecekan kabel listrik, switch proteksi, kondisi jack listrik di proyektor, baru kemudian melakukan pembongkaran. Dilanjutkan dengan pengecekan Fuse atau sekring diikuti dengan pengecekan deoda utama, baru kemudian menuju komponen-komponen lain yang lebih rumit. Ini diperlukan agar mengurangi resiko kesalahan analisa yang bisa saja mengakibatkan kondisi yang tidak diinginkan misalnya kerusakan semakin parah.

Kemudian untuk memperbaiki sebuah Proyektor DLP yang mati total,  jika penggantian IC regulator belum membuahkan hasil, berdasarkan pengalaman kami, maka perhatikan deoda 2A yang ada di dekat IC tersebut. Deoda ini jika short circuit menyebabkan tegangan output tidak akan keluar. Jika masih belum berhasil cek semua deoda terutama di bagian output trafo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *