Keyboard Laptop Error, Diperbaiki atau Diganti ?

Posted on

Kali ini adalah tentang masalah keyboard laptop yang error entah ada tombol yang tidak berfungsi atau ada beberapa tombol yang suka nyantol bahkan mencet-mencet sendiri sebelum disentuh, bisa gak sih diperbaiki ? Atau mendingan diperbaiki atau diganti baru yha ? Yuk simak bahasan berikut.

Keyboard Laptop Error, Diperbaiki atau Diganti ?Kita telah tahu bahwa kerusakan pada keyboard itu akan berdampak pada perangkat lain pada sebuah laptop, kinerja laptop juga akan terganggu walaupun kita sudah ganti dengan keyboard eksternal via USB. Maka perlu ada solusi agar masalah ini tidak melebar yang pada saat tertentu akan menambah masalah baru pada laptop kita.

Lalu muncul pertanyaan, mana yang lebih baik diganti atau diperbaiki ?

Baca juga :   IC Kontrol Keyboard Laptop

Perlu diketahui, rata-rata biaya perbaikan keyboard laptop adalah 50 ribu rupiah, dan harga keyboard bisa bervariasi mulai 100 ribu hingga 350 ribu tergantung merk dan type laptop. Ini perlu dikethaui karena akan kita jadikan sebagai salah satu patokan untuk menentukan keputusan kita.

Jadi, tentu biaya perbaikan keyboard laptop jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mengganti keyboard baru. Namun perlu juga dijadikan pertimbangkan adalah pada kerusakan tertentu kondisi keyboard yang sudah pernah diservice itu tidak bisa kembali 100% sebagaimana semula, efeknya suatu saat nanti masalah bisa dipastikan akan muncul kembali apalagi dipicu oleh kecenderungan pengguna yang kurang baik, misalnya keyboard jarang sekali digunakan. Kondisi ini adalah keyboard yang beberapa tombolnya suka mencet-mencet sendiri tanpa disentuh.

Baca juga :   Biaya Ganti Keyboard Laptop

Pada kondisi lain, misalnya terdapat sebuah tombol pada keyboard yang tidak berfungsi dan not responding ketika di pencet, maka tentu ini lebih baik diperbaiki jika masih bisa, karena jika berhasil jarang sekali kumat.

Maka, keputusan apakah keyboard diperbaiki atau diganti yang baru tentu disesuaikan dengan kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop tersebut dan disesuaikan dengan ketersediaan dana. Solusi terbaik tentu saja keyboard diganti dengan yang baru dan original, namun ini membutuhkan biaya yang tidak murah bahkan bisa sangat mahal pada laptop jenis tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *