VGA Rusak, Service Atau Ganti Motherboard ?

Posted on

Berbagai kerusakan yang terjadi pada sebuah laptop kadang-kadang membutuhkan biaya perbaikan yang terlalu tinggi jika dibandingkan dengan harga laptop tersebut. Inilah yang pada kondisi tertentu menyebabkan user lebih memilih untuk membeli laptop baru dan membiarkan laptop yang rusak, tidak diperbaiki.

VGA Rusak, Service Atau Ganti Motherboard ?Nah, salah satu kerusakan pada sebuah laptop yang biayanya tinggi adalah kerusakan pada chipset VGA. Lalu apa solusi terbaik dari masalah ini ? Apakah harus kita biarkan laptop rusak, atau kita perbaiki dengan biaya tinggi, atau Bagaimana ?

Jika patokan perhitungan adalah biaya dan performance laptop, maka kita memiliki 2 pilihan terbaik, tentu saja menurut saya. Pilihan pertama adalah Tetap diperbaiki dengan meminta garansi dari teknisi, dan Dibelikan motherboard baru atau bekas 1 unit. Dan jika biaya perbaikannya mendekati harga beli motherboard bekas 1 unit maka lebih baik kita belikan motherboard bekas yang performance nya masih bagus, tentu dengan mendapatkan garansi.

Baca juga :   Skema Motherboard Laptop

Perlu diketahui bahwa VGA adalah sebuah perangkat chipset ( IC dalam ukuran agak besar ) yang menempel pada motherboard. Perbaikan pada VGA ini meliputi penggantian dan re-ball atau mengganti pin-pin atau kaki-kakinya dengan yang baru, Tentu saja biaya yang terbesar adalah penggantian chipset VGA.

Nah, penggantian VGA tersebut membutuhkan biaya mahal karena memang harganya sendiri mahal, dan pemasangannya membutuhkan peralatan yang mahal, sulit pula.

Baca juga :   Memperbaiki Laptop Tampilannya Berantakan

Jika dana kita terbatas, maka perbaikan tanpa penggantian bisa saja dilakukan asalkan performance masih bagus. Namun jika dana yang kita miliki cukup untuk biaya penggantian VGA maka pilihan yang kedua tentu lebih baik. Namun perlu diperhitungkan juga selisih harga antara penggantian VGA baru dengan harga motherboard 1 unit yang sudah included chipset VGA, jika selisih terlalu kecil lebih baik dibelikan motherboard saja.

Baca juga :   Diagram Skema Axioo Pico PJM M1100

Inilah analisa dan tips jika kita sedang menghadapi laptop kita rusak di bagian chipset VGA yang ada pada motherboard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *