Baterai Laptop 100% Tapi Charger Dicabut Mati

Diposting pada

Apa jadinya jika sebuah laptop indikator baterainya 100% full namun saat charger dilepas ternyata laptop langsung mati ?

Baterai Laptop 100% Tapi Charger Dicabut MatiApakah rusak baterainya, minta diganti yang baru, atau ada masalah pada motherboard ? Yuk sedikit kita uraikan bahasan ini, tentu saja berdasarkan pengalaman real kami, bukan cuma teori.

Sebagaimana pada laptop Lenovo G400S yang kita telah perbaiki. Kasusnya adalah seperti yang kita sudah kutip diatas, indikator pada icon baterai di tampilan desktop menunjukkan bahwa baterai full 100%, namun saat charger dilepas laptop langsung mati. Laptop juga tidak bisa dinyalakan menggunakan baterai saja, harus pake charger dan baterai atau charger saja baru bisa nyala.

Baca juga :   Kapasitor Rusak Terus Pada Laptop Mati Total

Setelah kita check ternyata voltage pada baterai memang tidak ada, alias empty. Dan, pada konektor baterai di motherboard, setelah kita cek tanpa baterai muncul voltage kurang lebih 2,6 vot, ini menunjukkan bahwa system charging pada motherboard berjalan sebagaimana mestinya.

Maka kesimpulannya adalah baterai rusak, solusinya adalah mengganti baterai.

Jadi kesimpulannya adalah, lakukan check terlebih dahulu pada kondisi baterai dengan cehk voltage pada port baterai, dan check juga system chargingnya pada motherboard sebelum membelikan baterai baru, karena bisa saja ternyata yang rusak bagian yang ada pada motherboardnya.

Baca juga :   Level Baterai Laptop Loncat-loncat, Kenapa ?

Demikian tapi solusi terhadap laptop yang indikator baterainya 100% full namun saat charger dicabut ternyata laptop langsung mati.

5 thoughts on “Baterai Laptop 100% Tapi Charger Dicabut Mati

  1. Kak saya mau tanya ni kejadian ini sama dengan saya juga dan barusan juga, ceritanya awalnya gk apa apa, terus aku cas laptopnya gk smpai 2 jam kyknya, terus aku liat baterai laptopnya udh penuh, lampunya biru dua duanya, dan pas saya cabut baterainya langsung mati tuh laptopnya, langsung panik saya kenapa nih, padahal baru aja ganti baterai baru masa udh rusak lagi mohon bantuannya kak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *