Cara cek Sensor Printer Canon Rusak Atau Tidak

Diposting pada

Inilah langkah-langkah cara cek sensor printer canon agar kita yakin kondisinya rusak atau tidak.

Cara cek Sensor Printer Canon Rusak Atau TidakSebagaimana kita telah tahu bahwa kerusakan pada beberapa printer canon sering disebabkan karena sensornya bermaalah sehingga tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Misalnya blinking 3 kali pada printer IP2770, penyebabnya yang sering terjadi adalah karena sensor kertas rusak. Lalu bagaimana memastikan kondisinya ? selahkan simak bahasan berikut.

Baca juga :   Printer Epson L110 Macet, Ini Solusinya

Perlu diketahui bahwa sensor tersebut terdiri dari dua bagian yaitu pemancar dan penerima. 2 bagian yang ada pada satu komponen. Jadi untuk pengecekan kita bisa lakukan satu persatu karena masing-masing berdiri sendiri walaupun ada pada 1 komponen. Bagian yang pertama yaitu deoda led sebagai pemancar dan penerima.

Sebagai pemancar, karena berupa deoda led, maka cara ceknya adalah seperti deoda pada umumnya. Bagian ini ditandai dengan simbil deoda, kamu bisa lihat pada body sensor. Sebelumnya siapkan avometer dan rubah selektornya ke Ohm meter. Jika normal, jarum akan bergerak dan tidak bergerak jika probe pada kaki sensor di balik posisinya ( merah dan hitam ).

Baca juga :   Service Printer Canon Selphy

Kemudian penerima, pada kondisi normal jarum avometer tidak bergerak sama sekali jika probe merah dan hitam dihubungkan ke bagian ini, walaupun posisinya di bolak balik. Pada sensor yang rusak, biasanya pada bagian ini jarum avometer bergeak sedikit, hanya sedikit saja ini sudha menunjukkan bahwa sensor rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *