Pentingnya Datasheet Untuk Membantu Service Laptop

Posted on

Pentingnya datasheet komponen pada proses service laptop sangat besar. Terutama jika sedang menganalisa kerusakan pada motherboard yang menggunakan komponen baru yang kita belum terlalu mengenalnya.

Pentingnya Datasheet Untuk Membantu Service LaptopIC charger misalnya, yang juga dikenal dengan SMBus Charge Controller, untuk mengetahui kinerjanya kita harus mengetahui beberapa parameter yang pada datasheet disebutkan secara detail. Jika kita salah analisa bisa saja kita akan terkecoh, seharusnya kita mengganti IC tersebut tapi karena salah analisa kita putuskan untuk mengganti baterai karena kasusnya tidak normal pada proses charging.

Proses analisa service laptop yang tidak didukung dengan data yang lengkap biasanya hanya coba-coba saja. Mungkin saja bisa berhasil, namun tidak menutup kemungkinan kita salah ganti komponen yang ujung-ujungnya menambah biaya perbaikan. Dan jangan remehkan, karena ini bisa menjadi penyebab kerusakan yang lebih parah di luar dugaan.

Baca juga :   Laga Indonesia VS China Taipei, Gambaran Perbaiki Motherboard Laptop

Dengan datasheet kita bisa mengetahui prinsip kerja dari sebuah komponen, level tegangan referensinya, tegangan outputnya, dan seterusnya. Sehingga dengan ini kita bisa lebih yakin memutuskan komponen yang sedang kita check kondisinya bagaimana. Terutama pada komponen IC.

Bagaimana dengan Mosfet. Datasheet bisa menunjukkan rating-rating mosfet, sehingga jika kita sulit mendapatkan pengganti mosfet yang rusak, kita bisa mencarikan penggantinya yang rating volt dan ampere nya sama.

Baca juga :   Laptop Layar Menyala Putih Saja, Kenapa?

Demikian pentingnya sebuah datasheet sebagai penunjang proses service laptop agar sukses serta jauh dari kemungkinan kerusakan bertambah parah karena salah analisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *