Acer Z1402 Matot Short Circuit, Hati-hati !

Diposting pada

Acer Z1402 yang menggunakan single chips sering sekali mati total disebabkan karena short circuit. Ada satu hal yang perlu teknisi pemula ketahui bahwa pada kondisi tertentu kerusakan seperti ini juga diikuti dengan kerusakan pada single ships sehingga harus dilakukan penggantian single chips.

Acer Z1402 Matot Short Circuit, Hati-hati !Ini adalah short circuit pada sebuah ic controller supply tegangan VCore. Jika pada motherboard lain controller stepdown tegangan terdapat komponen ic controller dan 2 buat mosfet, maka pada laptop ini mosfet dan ic controller ada di dalam satu chips.

Jika ic tersebut rusak, short circuit, maka tegangan 19V yang masuk ke jalur VCore, menuju prosesor walaupun hanya sejenak sudah bisa merusak chips tersebut.

Baca juga :   Memperbaiki Laptop Mati Total

Kemungkinan lain adalah kerusakan justru dimulai dari prosesor, single chips.Karena Chips short circuit maka ada arus yang sangat tinggi melewati IC dan akhirnya IC pun jebol.

IC tersebut adalah NBFJ675, seperti terlihat pada fto dibawah.

Kesimpulannya, jika IC tersebut short circuit maka, lebih baik disudahi saja, kecuali kamu memiliki kapasitas untuk melakukan penggantian single chips.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *