Kamera Digital Panasonic System Error ( Focus )

Diposting pada

Salah satu kerusakan pada kamera digital yang sering terjadi adalah gagalnya lensa bekerja sebagaimana mestinya. Kali ini terjadi pada kamera digital merk panasonic dimana tidak bisa digunakan karena muncul pesan error : System error ( focus ), dan lensa tidak bisa kembali ke posisi semula ketika kamera dimatikan.

Kamera Digital Panasonic System Error ( Focus )Bagaimana cara memperbaiki masalah tersebut ?

Perlu di ketahui bahwa langkah-langkah yang akan kita share pada artikel ini sebaiknya tidak digunakan untuk coba-coba, pastikan kamu yakin untuk bisa mengikuti step by step sebelum memulainya, jika ragu-ragu sebaiknya diserahkan kepada teknisi yang bisa dipercaya. Ini penting untuk menghindari adanya kerusakan tambahan yang muncul akibat kesalahan langkah.

Baca juga :   Lensa Error Pada DSLR Coolpix

Jadi untuk memperbaiki System Eror ( Focus ) pada kamera digital ini silahkan kuti langkah-langkah berikut :

  1. Lepas baterai kamera, lepas juga memory eksternalnya
  2. Buka kesing kamera satu persatu bagian depan dan belakangnya dengan hati-hati. Untuk melakukan ini tentu saja semua baut pada kesing harus dilepas terlebih dahulu.
  3. Setelah terbuka angkat lensa, dan pisahkan dari komponen lain. Lepas terlebih dahulu penghalangnya agar lensa bisa dengan mudah diangkat. Ingat, jika sulit jangan paksa, pastikan lensa bisa diangkat dengan leluasa.
  4. Fokus pada motor yang mengatur focus lensa. Pada kamera digital umumnya terdapat dua buah motor besar dan kecil di bagina lensa. motor focus adalah motor yang kecil.
  5. Lepas motof focus dengan hati hati, lakukan kalibrasi pada holder yang ada pada as motor ini, putar sampai mendekati motor, kemudian pasang lagi dan coba nyalakan lagi kamera.
Baca juga :   Kamera Lupa Di OFF kan Beberapa Hari

Dengan lagnkah diatas maka seharusnya kamera bisa kembali bekerja dengan normal. Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video berikut :

Semoga bermanfaat dan kamu bisa tangani kamera digital kamu yang sedang rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *