Laptop Tiba-tiba Mati, Ini Penyebabnya

Diposting pada

Laptop tiba-tiba mati ini penyebabnya yang kadang-kadang tidak terlalu sulit untuk memperbaikinya dan tidak perlu di bawa ke teknisi pro.

Beberapa penyebab laptop mati secara tiba-tiba adalah sebagai berikut :

  1. Prosesor terlalu panas atau overheat yang menyebabkan system proteksi melakukan pemutusan sumber power sehingga laptop langsung mati. Ini biasanya disebabkan karena pendingin prosesor bermasalah, tidak bisa bekerja secara optimal, mungkin karena kotor ventilasinya atau memang heatsink nya rusak tidak lagi bisa merambatkan panas sehingga di bagian titik prosesor panas sekali namun di bagian ventilasi sama sekali tidak panas, maka udara panas tidak bisa dibuang keluar.
  2. Tegangan supply prosesor tidak sempurna, atau terlalu tinggi riaknya, atau juga disebut Ripple, yang bisa di perbaiki dengan menaikkan nilai kapasitif. Ini sering sekali terjadi pada laptop yang menggunakan kapasitor Nec tocin pada jalur supply tegangan prosesor.
  3. Tegangan supply VGA tidak sempurna.
  4. RAM bermasalah, yang bisa menyebabkan bluescreen dan mati secara tiba-tiba bahkan saat digunakan dalam waktu agak lama.
Baca juga :   Siapkan Ini Sebelum Laptop Diajak Lembur

4 hal diatas adalah penyebab yang sering terjadi pada laptop mati sendiri secara tiba-tiba saat digunakan walaupun menggunakan charger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *