Layar Laptop Gelap, Ini Penyebabnya

Diposting pada

Salah satu kerusakan pada laptop adalah bisa dinyalakan namun tampilan pada layar gelap atau remang-remang dan bisa terlihat lebih jelas jika kita memberikan cahaya menggunakan lampu ( sentolop ).

Kerusakan ini disebabkan oleh berbagai kemungkinan diantaranya adalah inverter layar rusak, tentu ini hanya terjadi pada laptop model jadul yang masih menggunakan inverter sebagai penaik tegangan untuk back light layar. Untuk laptop versi sekarang sudah tidak lagi menggunakan inverter, maka kerusakan bisa saja terjadi pada layarnya itu sendiri.

Penyebab lain layar gelap pada laptop adalah karena adanya masalah pada fleksibel kabel menuju layar monitor. Biasanya terjadi jepitan di bagian engsel sehingga menyebabkan beberapa kabel yang menghubungkan sumber tegangan dari motherboard menuju jalur backlight layar.

Baca juga :   Laptop Tiba-tiba Mati, Ini Penyebabnya

Atau bisa juga disebabkan karena adanya masalah pada motherboard. Jika sumber tegangan backlight layar ada di motherboard, maka jika ada masalah pada sumbernya tentu saja lampu tidak bisa nyala. Harus ditelusuri darimana sumber tegangan back light di produksi.

Inilah beberapa penyebab umum pada sebuah laptop yang layarnya gelap atau remang-remang sehingga tulisan tidak jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *