Inilah IC Charger Acer Z1402

Diposting pada

IC charger pada laptop acer Z1402 ada di bagian motherboard, tentu saja untuk mengaksesnya kita harus membongkar kesing laptop. IC charger ini bekerja sebagai controller pada proses charging laptop ini, juga berfungsi sebagai controller switch saat perpindahan sumber power dari baterai dan dari charger.

Masalah yang sering muncul akibat dari IC charger yang tidak bekerja sebagaimana mestinya adalah :

  1. Laptop tidak bisa menyala sama sekali
  2. Laptop bisa dinyalakan namun proses charging tidak bisa berjalan dengan normal, biasanya muncul warning pada icon baterai di layar laptop : Plugged in Not charging.
  3. Level baterai tidak bertambah walaupun laam di ces
  4. Laptop menyala normal dan prosentase baterai menunjukkan angka tidak nol, namun saat charger dicabut laptop langsung mati.
Baca juga :   Cara cek Tegangan Pada Motherboard

Model IC Charger pada laptop acer Z1402 adalah : OZ8660LN yang dipasaran dijual dengan harga rata-rata Rp. 50.000,-

Inilah IC Charger Acer Z1402

Untuk proses penggantian IC charger ini, kita membutuhkan beberapa peralatan khusus diantaranya adalah : Solder uap atau blower atau Hot air gun atau peralatan sejenis, cairan flux, pinset lancip untuk pengangkatan dan peletakan kembali, Solder biasa untuk merapihkan bekas solderan lama, serta peralatan pendukung lainnya. Jangan lupa perhatikan tanda titik di bagian pojok IC sebagai penanda pin nomer 1, karena jika pemasangan ic ini terbalik akna menyebabkan kerusakan pada ic itu sendiri dan juga komponen lain yang ada pada motherboard.

11 thoughts on “Inilah IC Charger Acer Z1402

  1. Ini bos laptop saya tiba² mati sendiri trus lampu yg ada di cahrger juga mati jika di colokan ke laptopnya tpi jika di cabut lampu charger hidup kembali. Itu knapa ya bos?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *