Inilah Penyebab Lain Komputer Ngeblank Atau Tidak Menyala

Diposting pada

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada sebuah komputer adalah ngeblank atau layar monitor tidak bisa menyala padahal lampu indikator pada CPU menyala dan kipas pun terdengar berputar.

Penyebab yang sering terjadi pada masalah tersebut biasanya adalah adanya masalah pada memory atau RAM, namun ini bukan satu-satunya penyebab komputer ngeblank.

Diantara penyebab lain sebuah komputer ngeblank adalah adanya masalah pada motherboard terutama di bagian VCC Core, sebagaimana ini juga sering terjadi pada motherboard laptop. VCC Core adalah supply tegangan pada Processor.

Baca juga :   Komputer Mati Sendiri Setelah Beberapa Saat

Penyebab tidak normalnya VCC Core adalah adanya Elco yang jebol. Ciri-cirinya adalah Elco yang ada di dekat processor ini meledak, baik di bagian atas atau bagian bawah. Untuk elco yang meledak di bagian akan sangat mudah terlihat, namun untuk elco yang meledak di bagian bawah harus di pelototi terlebih dahulu baru terlihat. Lihat foto elco rusak berikut.

Baca juga :   Laptop Gampang Panas, Tapi Kipas Normal
elco pada VCC Core Motherboard Next
elco vcc core pada motherboard Next

Rata-rata kerusakan elco pada motherboard PC terlihat secara fisik, sebagaimana gambar diatas.

Untuk memperbaikinya adalah dengna mengganti elco tersebut, jika kesulitan mendapatkannya bisa diambil dari motherboard lain yang nilai kapasitif nya sama, demikian juga rating voltage nya.

Demikian salah satu penyebab sebuah komputer yang ngeblank, yang disebabkan karena masalah pada motherboard tepatnya di bagian supply tegangan ke prosesor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *