Komponen Kecil Diluar motherboard Penyebab Laptop Layar Gelap

Diposting pada

Sebagaimana telah dibahas di tulisan terdahulu bahwa penyebab sebuah laptop layar gelap atau black screen tidak melulu karena masalah pada layar LCD yang rusak ataupun disebabkan motherboard rusak, ini adalah contoh lain penyebab sebuah laptop black screen.

Perhatikan kisah kami berikut

Sebuah laptop, dengan merk HP bermasalah di bagian layarnya dimana laptop tersebut bisa menyala normal ketika pertama kali dinyalakan. Booting hingga sempurna masuk windows. Sesaat kemudian, sebagaimana biasanya kami test dengan menyalakan video yang ada di dalam drive laptop tersebut. Sebuah film kartus petualangan sedang asyik kami tonton sambil senyum senyum sendiri. Tiba-tiba baru beberapa menit laptop bunyi tit dan layar gelap, namun lampu-lampu indikator masih juga menyala. Laptop diam membisu hingga saat kami petik sebuah tombol di keyboard maka tiba-tiba suara film kartun tadi play kembali, namun layar tetap saja gelap.

Baca juga :   Laptop Normal, Tapi Blank Saat Masuk Windows, kenapa?

Maka laptoppun kami matikan paksa. Kemudian kita coba nyalakan kembali namun kali ini hanya indikatornya saja yang menyala, layar gelap gulita. Kamipun mencoba untuk menyinari layar menggunakan lampu handphone, dan kami bisa melihat image pada layar, remang-remang. Menandakan laptop bekerja.

Awalnya kami curiga bahwa ini disebabkan karena layar lcd rusak, namuns etelah dicoba ganti dengan yang lain kasusnya tetap saja sama.

Kamipun membongkar kesing laptop untuk mengakses motherboard, namun sebelum terbongkar total, karena kami curiga dengan system auto standby ketika layar laptop ditutup, maka kami mencoba menelusuri sebuah sensor kecil yang ada di miniboard menyatu dengan tombol power. Kecurigaan kami ini muncul karena ketika kami nonton film tiba-tiba saja layar gelap seperti ditekan tombol pada keybaord untuk mematikan back light layar lcd, namun tanpa keybaordpun kasus tetap saja muncul.

Baca juga :   Jika Laptop Tetap Ngeblank

Tanpa disengaja kami menemukan bahwa ternyata laptop bisa bekerja normal jika tombol power, yang menyatu dengan motherboard melewati kabel flexible, di lepas. Dan layar langsung gelap jika tombol power dipasang lagi. Dari sini kami menyimpulkan bahwa masala ada pada komponen kecil, sebuah sensor magnetik yang ebntuknya seperti transistor, yang ada pada miniboard menyatu dengan tombol power.

Baca juga :   Laptop Black Screen, Haruskah Di Blower ?

Kamipun mendisable sensor tersebut dengan memutus jalurnya. Hasilnya laptop kembali bisa bekerja dengan baik. Pekerjaanpun kami anggap selesai sampai disini.

Untuk hasil yang lebih sempurna agar proses auto shutdown dan auto standby serta auto ON yang berhubungan dengan layar laptop saat ditutup dan dibuka, maka sebaiknya sensor transistor diganti dengan yang normal, atau unit miniboard tombol power diganti.

Demikian salah satu contoh lain penanganan sebuah laptop yang black screen yang disebabkan oleh sebuah komponen kesil yang ada di bagian miniboard tombol power semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *