Laptop Lemot Sekali Saat Buka Explorer, Pertanda Apa?

Diposting pada

Sering sekali terjadi pada sebuah laptop apapun merk dan modelnya dimana saat membuka File Explorer lemot sekali, muncul tapi lama sekali. Proses yang sangat lambat juga muncul saat membuka file di drive.

Walaupun saat booting seperti tidak ada masalah apa-apa, namun lemot juga muncul saat laptop terhubung dengan internet, akan terasa lebih lambat dari biasanya.

Pada umumnya masalah ini disebabkan karena hardisk bermasalah. Kita bisa cek di Task Manager, jika prosentase Disk mendekati 100% padahal kita belum membuka aplikasi berat, maka ini sudahbisa dijadikan alasan bahwa hardisk bermasalah.

Baca juga :   netbook Asus Eee PC Tidak Bisa Booting, Ikuti langkah ini
Prosentase Disk pada kondisi normal

Prosentase tersebut menunjukkan seberapa berat kinerja hardisk pada laptop. 100% berarti hardisk sudah kecapekan bekerja, biasanya jika kita membuka program atau aplikasi yang standart Disk pada layar Task Manager hanya menunjukkan 20% saja kurang lebih, dan menurun saat aplikasi di tutup.

Pada laptop yang hardisknya bermasalah, prosentase tetap tinggi walaupun semua aplikasi di tutup.

Baca juga :   LCD Laptop Rusak, Bisa Diperbaiki ?

Demikian bahasan tentang laptop lemot atau lambat yang ternyata disebabkan oleh kerusakan hardisk, solusinya adalah dengan mengganti hardisk, atau pilihlah SSD agar kinerja laptop jauh lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *