Laptop Rusak ? Jangan Terburu-buru Curiga Dengan Hardware

Diposting pada

Kecurigaan yang berlebih-lebihan terhadap kerusakan Hardware pada sebuah laptop yang sedang bermasalah kadang-kadang bisa berakibat fatal. Maka dari itu sebaik nya jika tanda-tanda kerusakan tidak terlalu jelas mengarah ke masalah hardware, lebih baik curiga dulu ke software.

Laptop Rusak  Jangan Terburu-buru Curiga Dengan Hardware
ilustrasi : ic sound realtek pada sebuah motherboard laptop

Misalnya pada laptop yang bluescreen, ini bisa saja disebabkan karena masalah pada Operating syste, memory (RAM), bahkan bisa mengarah ke masalah pada motherboard. Jika dengan diinstal ualng saja masalah bisa diselesaikan mengapa harus main bongkar kesing laptop yang akan merusak segel, atau beresiko muncul kerusakan baru jika kurang berpengalaman dalam analisa perbaikan laptop.

Atau laptop yang sound nya bermasalah, bisa saja disebabkan karena software driver nya belum masuk atau tidak cocok, atau sudah masuk namun corrupt karena virus, atau driver tidak bisa dimasukkan karena system bermasalah, ini penyebab yang berkaitan dengan software. Namun bisa jgua disebabkan karena adanya masalah pada ic sound dan perangkat pendukungnya bahkan bisa disebabkan karena masalah yang ada pada Chipset, ini penyebab yang berkaitan dengan hardware.

Baca juga :   Estimasi Biaya Perbaikan Laptop Tidak Bisa Ngecas

Dari dua contoh diatas, jika kita langsung curiga ke hardware, padahal belum pasti, kita butuh waktu yang lebih panjang untuk proses analisa, dan belum tentu berhasil. Harus bungkar kesing laptop terlebih dahulu yang jika kurang hati-hati bisa menyebabkan engsel patah, dudukan baut coplok, atau akan muncul masalah baru jika ada kesalahan pasang baut panjang dan pendek. Bahkan sering sekali muncul masalah pada saat pengguna laptop emncoba membungkar sendiri laptop mereka hanya untuk membersihkan heatsink dari kotoran, namun akibatnya fatal, laptop yang menyala normal sebelumnya, hanya terlalu panas saja, setelah di bungkar justru tidak bisa dinyalakan.

Baca juga :   Memperbaiki Keyboard Laptop Tombol Tidak Fungsi

Tentu saja memulai analisa dari software bisa lebih butuh waktu singkat dan tidak beresiko. Kita coba instal ulang laptopnya, setelah semua data di back up, baru jika tidak membuahkan hasil kita bisa mencoba analisa hardware. Menurut kami ini lebih prosedural dan minim resiko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *