Beli Charger Laptop Ampere Tidak Sama, Ngefek Tidak ?

Diposting pada

Beli charger laptop yang nilai ampernya ( ampere ) tidak sama dengan aslinya ngefek tidak ya?

Sebelumnya pasti sudah pada tahu kan, Indonesia banget kalo pas beli spare part suka yang harganya paling murah, padahal sudah pada ngerti juga bahwa yang murah itu cenderung lebih rendah kwalitasnya. Yang ekstrim lagi maunya murah namun kwalitas pertamax, waaah, kayak saya itu, wkkk.

Jadi stop kawan, jangan selalu pilih yang murah murah deh kalo mau puas. Dan pastinya aman. Termasuk pas lagi mau ganti charger laptop, lebih baik beli yang original sesuai dengan merk dan model laptopnya, karena charger yang tidak matching dengan laptop tentu kayak ngasih makan anak tapi porsinya nggak sesuai, faham kan?

Baca juga :   3 Komponen Penyebab Laptop Tidak Tampil

Kecuali jika terpaksa, misalnya di kota kamu ga dapet nyari charger yang original, biasanya oleh penjual di kasih option lain. Nah satu point penting yang harus diperhatikan selain voltage baterai adalah ampere. Voltage tentu saja wajib sama, namun untuk ampere tidak se-saklek voltage.

Yang pas tentu saja Volt dan Ampere sama persis, namun jika nggak dapet usahakan ampere nya lebih tinggi dari charger aslinya.

Baca juga :   Layar Laptop Gelap, Ini Penyebabnya

Apa efeknya jika ampere lebih rendah dari charger aslinya ?

Berdasarkan pengalaman kami, jika ampere charger kurang tinggi nanti efeknya laptop suka mati-mati sendiri pas baterainya very low, bahkan bisa blue screen dan dumping.

Jika ampere nya lebih tinggi apa tidak bahaya ?

Tentu saja tidak. Perlu diketahui bahwa rating ampere yang di tulis pada spesifikasi charger adalah batas kemampuan maksimum charger, jadi jika pemakaiannya hanya kecil tentu tidak jadi masalah, yang penting tidak melebihi rating.

Baca juga :   Charger Laptop Kedip-kedip, Jangan Diganti

Ok kawan, ini adalah tentang chrger laptop, semoga bermanfaat dan jangan sungkan-sungkan untuk diskusi apapun tentang laptop dan kawan-kawannya di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *