Biaya Penggantian Chipset Laptop, Single Chips

Diposting pada

Tidak sebagaimana chipset biasa, biaya penggantian chipset jenis single chips jauh lebih mahal. Disamping memang harga chipsetnya sendiri lebih mahal, proses penggantiannya juga lebih rumit dan sulit.

Untuk penggantian chipset single chips punyanya Acer Aspire Z1401 misalnya, ini bisa membutuhkan biaya sekitar Rp. 650.000,-. Biasanya chips pada Z1401 jika jembatan step down supply tegangannya short maka langsung ikutan rusak. Solder ball pada chips ini kecil sekali sehingga lebih rumit proses pemasangannya jika dilakukan reball.

Parameter lain yang memperngaruhi biaya yang dibutuhkan untuk penggantian chips adalah model chipsnya itu sendiri. Misalnya penggantian single chips pada acer Z1402, ini membutuhkan biaya sekitar Rp. 850.000, karena memang chips nya lebih mahal.

Baca juga :   10 Ribu Rupiah Untuk Perbaiki Laptop Matot

Laptop yang menggunakan single chips, dimana prosesor dan vga, bahkan controller voltage memory ada di dalam satu chips memang terbukti lebih rawan rusak dibandingkan dengan laptop lain, maka perawatan laptopnya musti berbeda juga, harus lebih waspada, agar laptop bisa awet.

Inilah info tentang biaya penggantian single chips pada laptop, tentu saja biaya ini juga berbeda-beda di satu tempat dan di tempat lain, juga pada teknisi satu atau teknisi yang lain, namun yang kita sampaikan di sini adalah gambaran estimasi biaya secara umum semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *