Block Diagram Tunjukkan Bagaimana Hubungan Antar Komponen Pada Laptop

Diposting pada

Salah satu halaman yang penting untuk dipelototi pada skema motherboard laptop adalah Block Diagram, biasanya ada di halaman-halaman awal pada file schematics motherboard.

Pada block diagram ini kita bisa melihat dengan jelas hubungan antar komponen pada motherboard laptop. Sebuah komponen di kontrol oleh komponen apa dan bebannya apa saja akan ditunjukkan dengan jelas sekali, sehingga bisa menuntun kita saat melakukan proses anlisa kerusakan pada laptop.

Misalnya Audio. Unit audio pada motherboard ini terhubung langsung dengan komponen apa yha ? Maka lihat block diagram motherboard ZQ9 yang digunakan pada Acer aspire 4738 berikut.

Baca juga :   Terpedaya Oleh Mitos Palsu Kapasitor Sumber Short Circuit, Repair Story

Kita bisa lihat bahwa Audio Codec terhubung langsung dengan Chipset North Bridge ( NB ). Jadi jika ada masalah pada audio laptop kita sudah memiliki gambaran block, jika block audio nya sendiri tidak ada masalah berarti amsalah ada di chipset NB.

Demikian juga untuk komponen lain, ditunjukkan dengan jelas pada block diagram. Kemudian untuk skema lanjutan, pada block ini juga ditunjukkan. Misalnya audio tadi, skema detailnya ada di halaman 30, sebagaimana pada gambar diatas. Dan detail skema chipset NB ada di halaman 9 – 13.

Baca juga :   Toshiba Beberapa Menit Mati Sendiri

Jadi untuk mengetahui gambaran umum sebuah motherboard laptop kita bisa langsung menuju halaman block diagram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *