Gunakan Alat Ini Untuk Deteksi Kerusakan Laptop

Diposting pada

Dengan alat ini kita bisa mendeteksi kerusakan pada sebuah laptop. Harganya tidak terlalu mahal, setidaknya ada varian yang harganya tidak terlalu mahal, walaupun ada juga jenis yang sangat mahal untuk ukuran kantong standart.

Gunakan Alat Ini Untuk Deteksi Kerusakan Laptop
Ilustrasi PSU DC Lavolta

Ini adalah sebuah Power supply digital yang kita bisa setting tegangan yang diinginkan sesuai dengan ratingnya. Demikian juga, Ampere nya bisa kita batasi sesuai dengan yang kita inginkan dan sesuai dengan standart alat.

Apa manfaat power suppply DC digital variable ini ?

Baca juga :   Menjadi Teknisi Laptop Sukses

Selain bisa digunakan sebagai pengganti charger laptop yang ampere dan voltage nya bisa kisa sesuaikan sesuai dengan charger aslinya, power supply ini juga bisa berfungsi sebagai pendeteksi kerusakan pada laptop.

Misalnya untuk emndeteksi apakan RAM bekerja atau tidak pada sebuah laptop. Ini ditunjukkan pada nilai ampere yang ditunjukkan pada display power supply. Jika sebuah laptop biasanya menyerap arus sebesar 1,5 Ampere, maka jika RAM tidak bekerja arus hanya menunjukkan sekitar 0,8A kurang lebih. Lebih kecil dari ampere normal.

Baca juga :   Pilih Teknisi Laptop Salah, Resiko Rusak Makin Parah

Ata jika sebuah laptop bekerja normal, tegangan tidak drop dan arus juga sesuai dengan standartnya yang membuktikan semua komponen bekerja, namun no display dan tidak bisa booting, ini biasanya menandakan bahwa laptop minta flash bios.

Alat ini juga bisa digunakan untuk menelusuri sebuah motherboard laptop ayng short circuit, dengan menyuntikkan tegangan dengan nilai tertentu di jalur yang short, maka komponen yang rusak bisa ditemukan dengan ditandai komponen tersebut panas sekali suhunya. Kitapun bisa langsung melepasnya utnuk diganti dengan yang normal.

Baca juga :   Menjadi Teknisi Laptop Sukses

Masih banyak fungsi lain dari power supply DC digital variable ini yang sangat dibutuhkan teknisi laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *