Inilah Bahayanya Laptop Tanpa Baterai

Posted on

Ada saja pengguna laptop yang masih “mengugemi” kebiasaan melepas baterai laptop sehingga laptop digunakan tanpa baterai. Bermacam-macam hal yang dijadikan alasan, namun rata-rata tujuannya agar baterai lebih awet. Awet karena tidak digunakan, kaya baju kalo sejak baru disimpan terus di almari pasti awet kaaan….. hmm.

Padahal pemahaman tersebut sama sekali tidak benar, bahkan baterai bisa mati total jika didiamkan dalam jangka waktu lama. Alasan lain yang sering kita dengar terkait hal ini adalah karena laptop sering digunakan dalam waktu lama ( lembur ) sehingga charger di tancapkan terus ke laptop, nah karena takut baterai rusak oleh sebab di ces terus menerus maka lebih baik baterai dilepas saja. Ini pun juga tidak benar.

Banyak sekali efek jeleknya jika “ngugemi” kebiasaan melepas baterai pada laptop tersebut, namun kali ini kita akan bahas salah satu bahayanya pada laptop ayng digunakan tanpa baterai.

Baca juga :   Baterai Ori VS KW, Sama-sama Awet ?

Ini juga berlaku pada laptop yang baterainya sudah rusak yang walaupun tetap dipasang namun laptop langsung mati jika charger terlepas.

Salah satu bahaya yang termasuk parah adalah menyebabkan kerusakan pada motherboard laptop. Pada saat charger tidak sengaja terlepas, atau jika tiba-tiba listrik PLN mati, maka laptop-pun langsung ikutan mati, ini menimbulkan hentakan elektrik yang bisa menyebabkan komponen pada motherboard laptop rusak, micro capacitor misalnya. Bahkan mosfet yang terkenal kuatpun bisa saja rusaka jika di kaget.

Baca juga :   Baterai Laptop 0% Terus Tidak Tambah

Mati mendadak tersebut juga bisa menyebabkan hardisk rusak, apalagi ketika laptop sedang bekerja keras, misalnya sedang menjalankan aplikasi besar atau game besar, maka hilangnya sumber power bisa menyebabkan hardisk rusaka mendadak.

Kedua kerusakan diatas sama-sama membutuhkan biaya mahal dalam perbaikannya, lebih mahal dari harga baterai tentunya atau sama dengan harga baterai. Tentu seharusnya bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan laptop tanpa baterai atau segera mengganti baterai laptop jika memang sudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *