Lampu Charger Tidak Bisa Nyala Padahal Laptop Normal, Ini Solusinya

Diposting pada

Jika laptop bisa nyala normal dan bisa ngecas juga namun lampu indikator chargingnya tidak bisa nyala maka penyebabnya secara umum ada dua kemungkinan.

Kemungkinan pertama adalah led nya memang rusak, sehingga walaupun ada perintah menyala tetap saja tidak bisa nyala.

Kemungkinan kedua adalah tidak ada signal yang masuk ke lampu Led, sehingga walaupun led normal tetap saja tidak mau menyala.

Baca juga :   Cara Cek Dioda Motherboard Laptop

Untuk kemungkinan pertama solusinya adalah dengan mengganti led. Untuk memastikan kondisi led bisa di cek menggunakan avo meter.

Untuk kemungkinan yang kedua, ada dua kemungkinan lagi yang sering terjadi. Yaitu tegangan dari 3V sebagai sumber lampu indikator tersebut hilang, atau jalur menuju supply signal terputus.

Jika tegangan 3V pada kaki sebelah muncul namun led tidak nyala, maka kemungkinan terbesar adalah resistor pada jal;ur kaki yang satunya lagi rusak. Resistor ini sangat kecil, sehingga untuk penggantiannya harus hati-hati, sebaiknya gunakan blower pemanas.

2 thoughts on “Lampu Charger Tidak Bisa Nyala Padahal Laptop Normal, Ini Solusinya

  1. Kondisi laptop acer 4730z yang sedang saya kerjakan mirip dengan judul di atas, bedanya led indikator pengisian baterai masih menyala saat di colok charger tapi hanya menyala setelah beberapa detik atau menit. Cek di 2 pin+ baterai tegangan 12v tetap ada, Cek di 3 pin berikutnya tegangan juga ada 1v lebih padahal menurut informasi yang pernah saya lihat tegangan di 3 pin berikutnya harusnya menjadi 0v saat proses pengisian. Kira-kira apanya ya om yang bermasalah? Mosfet, IC Charger atau komponen yang lainnya. Mohon di koreksi jika keliru dan solusinya, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *