Mengganti Led Indicator Laptop Dengan Aman

Diposting pada

Jangan heran jika laptop kamu tiba-tiba lampu indikator powernya tidak bisa menyala padahal laptop bisa beekrja normal. Ini disebabkan karena lampu lednya telah rusak, dan ini umum saja terjadi karena lampu led ini bekerja terus selama laptop menyala. Demikian juga pada lampu led yang lain yang ada pada laptop.

Lalu bagaimana cara mengganti lampu led tersebut agar aman? Apakah menggunakan solder biasa aman ? Atau harus menggunakan alat tertentu agar proses pelepasan dan pemasangannya tidak menimbulkan masalah baru ? Yuk kita bahas masalah sederhana yang kadang bisa menjadi sangat penting ini.

Perlu diketahui bahwa secara umum, indikator led pada motherboard laptop di solder diatas jalur yang kecil sekali, karena memang led nya sendiri sangat kecil jadi penggunaan solder biasa kurang direkomendasikan. Selain ada resiko merusak jalur pada motherboard, juga dikawatirkan akan merusak led nya itu sendiri.

Baca juga :   Printer Canon Bisa Awet Untuk Kerja Keras , Mimpi Di Siang Bolong

Jika kita mengambil led dari motherboard laptop lain, agar tidak rusak lebih baik menggunakan heater blower atau solder uap dengan dibantu cairan flux untuk menghindari kerusakan.

Penggunaan solder uap juga bagus untuk proses pemasangan, karena jika menggunakan solder biasa akan merusak lampu led.

Demikian sekilas info tentang bagaimana cara terbaik untuk mengganti sebauh lampu led indicator pada motherboard laptop agar aman dari resiko munculnya masalah baru semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *