Web

Printer Tiba-tiba Tidak Bisa Dinyalakan, Ini Penyebabnya

Diposting pada

Jika printer tiba-tiba tidak bisa dinyalakan padahal sebelumnya bekerja dengan normal tanpa ada masalah biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut :

1. Kabel Power Bermasalah. Bisa karena kurang nancep dengan sempurna pada stop kontak listrik atau di bagian printer. Atau kabel powernya sudah rusak. Untuk memastikan kondisinya bisa dilakukan check menggunakan multi tester

2. Fuse rusak. Ini adalah sekring yang ada pada mainboard printer. Untuk menemukan komponen ini cari dengan kode F…, biasanya ada di dekat konektor sumber power dari power supply. Check menggunakan multi tester untuk mengetahui kondisinya

Baca juga :   Solusi Error E05 Pada Printer MP

3. Power Supply rusak. Penyebab lain sebuah printer tidak bisa dinyalakan sama sekali secara tiba-tiba adalah kerusakan pada power supply. Ini bisa saja disebabkan karena Fuse di unit power supply yang putus, atau ada mosfet yang jebol atau penyebab lain di bagian inside power supply.

4. Tombol ON/OFF bermasalah. Bisa juga tombol ON/OFF nya yang bermasalah sehingga saat di tekan tidak respon. Solusinya bisa di semprot menggunakan Contact Cleaner. Check dulu menggunakan multi tester.

Baca juga :   Cara Reset Printer L120 Epson Dengan Mudah

Inilah 4 hal yang sering muncul menjadi penyebab sebuah printer tiba-tiba tidak bisa dinyalakan padahal sebelumnya tidak ada masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *