Charger Laptop Bunyi, Amankah?

Diposting pada

Bunyi seperti ada kebocoran arus pada charger laptop apakah aman bagi laptop dan bagi charger itu sendiri ?

Sebelum kita menentukan aman tidaknya perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab umum sehingga sebuah charger mengeluarkan bunyi. Setidaknya ada dua penyebab : Adanya over current atau arus berlebih, atau adanya komponen yang memang bocor secara fisik ( biasanya Elco ).

Penyebab yang pertama adalah over current atau arus berlebih. Ini biasanya bunyi muncul setelah charger dimasukkan ke laptop, jika demikian maka biasanya yang lebih sering terjadi masalah ada pada laptop, mungkin menurunnya nilai kapasitif pada laptop dikarenakan ada komponen yang tidak bekerja dengan baik atau ada penyebab lain. Namun demikian tidak menutup kemungkinan jika masalah juga dari charger, misalnya menurunnya kapasitas ampere charger karena terdapat komponen yang sudah melar, berubah nilainya.

Baca juga :   Charger Laptop Tidak Berfungsi, Kabel Dalm Kondisi Bagus

Penyebab kedua adalah adanya kebocoran elco pada charger. Nah kondisi ini biasanya memunculkan bunyi sesaat setelah charger dimasukkan ke sumber listrik walaupun belum di tancapkan ke laptop.

Karena penyebabnya variatif, maka kita perlu jeli. Jika charger muncul bunyi setelah dimasukkan laptop ada baiknya laptopnya dicoba dengan charger lain. Jika tidak ada bunyi saat menggunakan charger lain maka berarti chargernya rusak, namun jika saat menggunakan charger normal yang lain tetap saja muncul bunyi, maka kerusakan ada pada laptop.

Baca juga :   Cara Check Charger Laptop Tanpa Alat

Jika ternyata masalah ada pada charger tentu saja kurang aman bagi laptop karena menunjukkan adanya masalah di charger. Namun jika masalah ada pada laptop tentu saja berefek pada chargernya.

16 thoughts on “Charger Laptop Bunyi, Amankah?

  1. Mas mohon bantuan nya , ini laptop saya asus kalau saat di colokan charger (terhubung ke listrik) ada suara/bunyi yang samar tapi tidak berhenti, bunyi nya seperti suara tegangan listrik ( *tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit) itu kira nya ada masalah dengan apa ya mas, sudah di coba dengan charger lain yang setipe tapi masih sama

  2. min charger saya harus beberapa kali dulu dicolokan ke laptop baru bisa mengisi, itu kenapa yaa?, setelah dicolokan lalu ada bunyi di dalam laptopnya, mohon bantuannya, terimakasih

  3. Mas numpang nanyak kalau charger nya bunyi pada saat belum di colok Kel laptop
    terus masih saya colok
    itu bisa mempengaruhi laptopnya nya gak

  4. Mas ini charger saya ada bunyi pas dicolokin terus indikator daya laptopnya kedip terus, jadi masalah di laptop atau chargernya mas?

  5. Mas mau nanya kalau misalkan chargernya bunyi kresek kenceng banget terus ampe pernah laptop nya mati lagi terus nyala lagi tapi bunyi kresek di chargernya masih kenceng itu penyebabnya apa mas terima kasih

  6. Kak saya pengguna vanbook lama a1n70t
    emang sih batrenya udah drop gitu tapi biasanya gpp ,cuma sekarang saya colokin chargernya bunyi tek tek teek tek gitu kenapa ya? Mohon infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *