Jika Hardisk Normal Tidak Terdeteksi Pada Sebuah Laptop

Diposting pada

Hardisk yang tidak terdeteksi pada sebuah laptop menyebabkan laptop tidak bisa membuka system atau secara teknis tidak bisa booting masuk ke Windows, karena memang system Windows ada di dalam hardisk.

Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah tersebut jika kondisi hardisk normal, dengan dibuktikan pada laptop atau komputer lain, diantaranya adalah adanya masalah pada koneksi antara hardisk dengan motherboard, adanya masalah pada bios, hilangnya supply tegangan pada hardisk dan masalah chipset yang tidak bisa membaca hardisk.

Masalah pada bios bisa ditangani dengan melakukan flash bios sesuai dengan spesifikasi laptop.

Baca juga :   Laptop Mati Total, Datanya Bagaimana ?

Hilangnya supply tegangan pada hardisk bisa di telusuri dengan mengecekan darimasa tegangan supply hardisk di produksi. Biasanya disana terdapat sebuah mosfet yang menjadi switch dan controller tegangan dari sumber menuju hardisk, tentu saja melalui sebuah konektor ( SATA ). Jika mosfet tersebut dalam masalah atau tidak normal maka tidak bisa mengeluarkan tegangan sesuai dengan rating yang seharusnya. Untuk tegangan supply hardisk biasanya 5V, jika turun menjadi 2,7V maka hardisk tidak bisa bekerja.

Baca juga :   Biaya Ganti Hardisk Laptop

Jika penyebabnya adalah karena chipset tidak mampu membaca hardisk, maka solusinya adalah denganmelakukan flashing chipset ( Chipset IO ) atau mengganti Chipset jiak memang diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *