Mencari Persamaan Mosfet Pada Motherboard Laptop

Diposting pada

Bagaimana cara mencari persamaan sebuah mosfet pada motherboard laptop jika kita tidak menemukan mosfet dengan model ( nomer seri ) yang sama ?

Untuk solusi masalah tersebut adalah dengan melibatkan datasheet dari mosfet yang kita akan cari, dan atau dengan menggunakan skema dari motherboard yang sedang kita analisa jika tulisan pada mosfet telah rusak ( mungkin karena terbakar atau sebab lain ).

Jika kita telah mengetahui model mosfet yang akan kita cari, gunakan model tersebut sebagai kata kunci untuk mendapatkan datasheet di internet. Kemudian cari jenis mosfet yang dijelaskan di datasheet, rating Voltage dan Current ( ampere ) nya. Kemudian jika kita hendak mendapatkan mosfet penggantinya dari motherboard lain cari mosfet yang bentuk fisiknya sama, kemudian ketahui modelnya dan cari datasheetnya. Mosfet pengganti harus sama jenis nya ( N-Channel atau P-Channel ). Rating voltage nya juga harus sama atau diatasnya atau jika dibawahnya tidak dibawah nilai voltage ayng akan melewati mosfet tersebut saat bekerja nanti. Demikian juga dengan rating ampere, harus sama atau diatasnya atau jika dibawahnya tidak terlalu jauh.

Baca juga :   Ganti Mosfet Laptop, Tidak Harus sama

Bagaimana jika mosfet yang akan kita ganti gosong atau terbakar ? Maka dengan menggunakan skema dari motherboard kita bisa menemukan model dan nomer seri mosfet yang terbakar tersebut. Lalu cari persamaannya dengan teknik seperti diatas.

Ingat, N-Channel tidak bisa diganti dengan P-Channel, demikian sebaliknya. Jika mosfet pengganti yang dipasang rating voltage atau ampere nya terlalu kecil maka mosfet akan segera rusak, atau panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *