Resistor Pada Motherboard Laptop #1

Diposting pada

Semua perangkat elektronika tidk bisa bekerja tanpa adanya resistor di dalamnya, demikian juga pada motherboard laptop. Disana terdapat banyak sekali resistor yang selain bekerja sebagai Fuse dan penghambat tegangan serta penurun arus, resistor ini juga bekerja sebagai penurun tegangan melalui system devider ( pembagi ).

Ada banyak sekali jenis resistor pada motherboard laptop mulai dari yang besar yang ada penanda ukurannya di body hingga resistor mikro yang tanpa ada penanda ukuran ( bodynya mulus tanpa rulisan ).

Resistor pada foto diatas adalah resistor besar yang ada menjadi jembatan utama tegangan 19V, ini juga bekerja sebagai pengaman dan filter tegangan. Sebagaimana tertulis pada body nya, resistor tersebut memiliki ukuran 02 ohm.

Baca juga :   Entrip Pada IC Regulator Tidak Keluar, Jangan Ganti IC nya

Pada foto diatas di lingkari merah adalah resistor mikro yang ukurannya kecil-kecil tanpa ada penanda ukuran pada bodynya. Kebanyakan resistor devider pada motherbaord laptop menggunakan resistor jenis ini. Untuk mengetahui ukurannya kita bisa check menggunakan AVO meter yang presisi.

Pada motherboard laptop, resistor biasanya menggunakan kode R atau PR diikuti dengan angka, PR1, PR2, PR3 dan seterusnya.

Baca juga :   3V Dan 5V Tidak Keluar, Controllernya ?

Selanjutnya kita akan mencoba analisa jika ada kerusakan pada sebuah resistor di motherboard laptop, pada posting selanjutnya. Jangan lupa berlangganan dengan klik tanda lonceng agar bisa mendapatkan tanda saat kami upload posting terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *