Solusi Asus X450J Tiba-Tiba Tidak Bisa Dinyalakan

Diposting pada

Laptop Asus X450J atau type yang lain yang tiba-tiba tidak bisa dinyalakan atau pada kondisi tertentu ketika tombol power dinyalakan lampu power menyala sebentar kemudian mati lagi dan menyala lagi demikian terus mati lagi terus menerus tanpa muncul gambar apapun pada layar bisa diperbaiki dengan menggunakan langkah berikut ini.

Perlu difahami dan diketahui bahwa trouble seperti diatas tidak selalu bisa fix di perbaiki menggunakan langkah berikut karena penyebabnya bisa variatif walaupun indikasinya sama. Namun lang ini bisa dicoba terlebih dahulu sebelum melakukan langkah perbaikan yang lebih rumit.

Langkah ini juga bisa kamu coba sebelum memastikan laptop dalam kondisi rusak berat yang memaksa kamu untuk membawanya ke teknisi professional.

Baca juga :   Aspire 4741 Mati Total Masalah IC

Semua pengguna bisa mencobanya tanpa memiliki keahlian dan peralatan yagn rumit. Hany butuh obeng kecil saja untuk membereskannya.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan sebagai solusi Asus X450J atau type lain yang tidak bisa dinyalakan atau lampu power hanya menyala sebentar adalah sebagai berikut :

  1. Matikan laptop jika terus menerus restart dengan menekan dan menahan tombol power sampai benar-benar mati. abaikan langkah ini jika laptop benar-benar tidak bisa dinyalakan
  2. Buka kesing laptop dengan melepas semua baut dibagian belakang laptop. Kemudian buka kesing bagian belakang, lakukan langkah ini dengan hati-hati.
  3. Setelah kesing terbuka, lepaskan konektor baterai dengan hati-hati.
  4. Lepaskan baterai CMOS
  5. Diamkan laptop beberapa saat, kira-kira 2-5 menit
  6. Cobalah untuk menyalakan laptop menggunakan charger saja.
Baca juga :   Saat Repair, Tunggu Dingin Sebelum Pengetesan Motherboard
Konektor Baterai
Baterai CMOS

Jika sampai langkah terakhir diatas laptop kembali bisa dinyalakan maka selanjutnya matikan laptop dan pasang kembali baterai dan baterai CMOS sebagaimana semula dan proses repair telah selesai, kita tinggal pasang lagi kesing dan baut yang telah dilepas.

Namun jika langkah tersebut diatas belum membuahkan hasil maka perlu proses analisa lebih lanjut untuk menemukan sumber masalahnya. Jika tidak memungkinkan untuk melakukannya sebaiknya hubungi teknisi terpercaya di kota terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *